Tingkatkan SDM dan Pengembangan Zakat,  BAZNAS Sula Bersama Kampus STAI Babussalam Teken MoU

Spasinews.com SULA(Malut) – Badan Amil Zakat Nasional(Baznas) Kepulauan Sula melakukan penandatanganan Momerandum Of Understanding(MoU) atau nota kesepahaman dengan pihak Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Babussalam Sula, Selasa (26/7/2022).

Hal tersebut dilakukan untuk mengoptimalkan dan meningkatkan  Sumber Daya Manusia dan Pengembangan Zakat.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Ketua Baznas Kepulauan Sula, H. Amir Soamole, SH bersama Ketua STAI Babussalam Sula Sahril Yakin yang di saksikan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenang) Kepulauan Sula Bapak Saiful Djafar Arfa, M.Pd.I, seluruh komisioner Baznas,  Ketua Yayasan Babussalam Sanana H. Abd Rahman Kharie, M.Pd.I bersama Wakil Ketua III Amirudin Yakseb,serta rekan Dosen di lingkup STAI

Ketua STAI Babussalam Sula, Sahrul Takim, mengatakan kunjungan dari Baznas ini, tidak lain adalah untuk menandatangani nota kesepahaman bersama memorandum of understanding (MoU) antara Baznas dengan Kampus STAI Babussalam dalam perjanjian kerjasama dibidang Sumber Daya Manusia (SDM) dan pengembangan Zakat.

Sahrul mengatakan, kegiatan Memorandum of Understanding (MoU) merupakan implementasi dari komitmen STAI Babussalam dalam pengembangan kegiatan Tridarma Perguruan tinggi yakni dibidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama ini akan menjadi acuan dalam rangka pengembangan kegiatan-kegiatan kedepannya bersama Baznas.

Sementara menurut Ketua Baznas Kepulauan Sula Amir Soamole mengatakan, tugas pokok kami di Baznas  hanya mengumpulkan dan menyalurkan zakat” BAZNAS juga memprogramkan Sula cerdas untuk itu Kami akan bergandengan tangan bersama STAI Babussalam Sula Maluku Utara untuk memajukan sumberdaya Manusia di Kepulauan Sula”jelasnya.

Hari ini kami sudah menunjukkan kerja sama dalam membangun Sula cerdas melalui penandatanganan MoU ini. Hal-hal yang akan kita lakukan kedepannya mengenai lima program utama Baznas  akan di singkronkan untuk membangun Tridarma Perguruan Tinggi dalam pelayanan mutu pendidikan buat masyarakat di kabupaten kepulauan Sula.

Lanjut dia, kedepan ada program Sula makmur,  akan kami mengajak STAI Babussalam untuk menciptakan alumni yang dapat menciptakan lapangan kerja untuk itu Kita perlu membangun ekonomi yang kuat untuk membantu pemerintah daerah dalam penguatan ekonomi dan menekan angka kemiskinan di kepulauan Sula.

” Kedepan ada kegiatan wirausaha jika ada yang mengembangkan usaha dari sektor perikanan, pertanian dan perdagangan maka kami akan mengsupport karena di Baznas itu mencapai 65% dari anggaran Baznas akan di lakukan pemberdayaan” ujarnya.

Bukan hanya itu saja, menurut Amir, Kedepan juga kami akan bentuk Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) di STAI Babussalam Sula Maluku Utara sebagai wujud dari kegiatan kerja sama dalam MoU.Kedepan melalui kerjasama ini akan dibentuk relawan Baznas untuk membantu kerja-kerja Baznas kedepan.

Terpisah Ketua Yayasan Babussalam Sanana H. Abd Rahman Kharie, M.Pd.I menyampaikan apresiasi atas Kerjasama ini dan harapannya  yayasan tidak hanya terbatas pada poin MoU tetapi banyak program termasuk program di Baznas kedepan juga perlu di sukseskan Oleh STAI Babussalam Sula.

” Saya berharap kegiatan ini, jangan hanya berakhir di penandatanganan MoU. Tapi lebih pada langkah konkret kedepan, dalam kerja-kerja nyata untuk masa depan masyarakat dan Islam di kepulauan sula”  tandasnya..#jis/red

banner 680x450

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page