Ribuan Masyarakat Antusias Hadiri Aksi Palestina di Landmark Kota Ternate

Spasinews.com TERNATE – Ribuan masyarakat Maluku Utara, antusias menghadiri aksi bela Palestina yang berlangsung di Landmark, Kota Ternate, Minggu (3/12/2023).

Kedatangan massa aksi yang tergabung dalam 312 aliansi masyarakat Maluku Utara ini, dalam rangka mendukung pembebasan Palestina dan menghentikan kejahatan kemanusiaan yang terjadi di jalur Gaza.

Pantauan Spasinews.com di lokasi, sekitar pukul 06.00-10.15 WIT massa aksi sudah mulai memadati kawasan Landmark, aksi tersebut dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan doa bersama untuk perjuangan kemerdekaan Palestina.

Selain itu, aksi tersebut juga dihadiri relawan Palestina Abdillah Onim alias Bang Onim, beserta keluarganya dan disambut dengan lantunan selawat.

Massa aksi mendatangi lokasi dari berbagai arah dan terlihat mereka sangat kompak dalam menggunakan atribut mulai dari syal, peci hingga membawa bendera Palestina. Kemudian pin bendera kecil yang disematkan di peci baju ataupun ditempel di pipi kanan dan kiri.

Landmark seketika sesak didominasi oleh orang berbaju putih. Lantunan selawat Nabi Muhammad SAW pun menggema di kawasan yang berhadapan dengan Kantor Wali Kota Ternate itu.

“Maluku Utara untuk Palestina Palestina merdeka Palestina merdeka Palestina merdeka. Israel, Allahu Akbar.”Ucap orator yang diikuti peserta aksi.

Koordinator aksi, Hasby Yusuf, menyampaikan aksi ini adalah bentuk kesadaran untuk berdiri bersama dengan warga Palestina. Selain itu, aksi ini bukan sumbangsi dari kantong pejabat untuk mendatangkan Bang Onim, melainkan sumbangsih dari elemen masyarakat.

“Aksi hari ini tidak hanya sekadar pesan kemanusiaan, tetapi kita tunjukkan kepada dunia dan buktikan bahwa dari Kota Ternate, Maluku Utara, mampu bersatu.”Ungkap Hasby.

“Sebab, jika kita bersatu, maka sekuat apapun akan tetap runtuh oleh persatuan ini. Free free Palestine. Free, free Palestine.” teriak Hasby.

Selain Hasby, ada juga orator lainnya, yakni inisiator aksi bela Palestina Ishak Naser, Ketua ICMI Orwil Maluku Utara Kasman Hi Ahmad, Sultan Tidore Husain Alting Sjah, dan orator lainnya. Juga Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba hingga Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman.

Pernyataan sikap pun disampaikan oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Ternate. Mereka menyuarakan hal yang sama, yakni menolak penjajahan dan menolak genosida di bumi Palestina.

Sementara itu, Bang Onim mengaku, isu Palestina adalah amanah konstitusi, bahwa penjajahan di atas dunia harus dihapuskan. Palestina harus merasakan keamanan dan kemerdekaan.

“Karena itu, saya akan kembali lagi ke Gaza. Dia dan keluarganya akan kembali menjadi relawan di wilayah konflik tersebut saat situasi di Gaza sudah kondusif.”Ucapnya.

Selain itu, ia menuturkan, yang terjadi di Palestina adalah genosida hingga pembersihan etnis yang dilakukan oleh zionis Israel. Karena itu, sebagai umat Islam, ini sudah menjadi harga mati, tanggung jawab dan kewajiban untuk dukungan kepada warga Palestina.

“Saat evakuasi, saya dan anak istri merangkul, saya bilang kita harus melewati medan maut. Kami melihat jasad dan anak-anak Gaza, ada di antara mereka yang meminta tolong, tapi kami juga dibantai.”Ujarnya.

“Untuk itu, saya di sini mengucapakan banyak terima kasih dari Gaza untuk Indonesia, khususnya di Kota Ternate dan Maluku Utara secara umum.”Sambungnya.

Palestina harus meraih kemerdekaan sebagaimana Indonesia. Apalagi Kata dia, Indonesia punya utang budi terhadap Palestina. Di mana, Palestina tidak hanya mendukung dalam bentuk moril, tetapi juga dalam bentuk materil. Untuk itu.

“ami memohon doa dari Warga Maluku Utara untuk Palestina,” sambung pria kelahiran Galela, Halmahera Utara ini.” Tuturnya.

Sekadar diketahui, aksi yang berlangsung kurang lebih empat jam tersebut menghasilkan donasi sebesar Rp1 miliar lebih. Hingga berita ini ditayangkan, donasi terus mengalir untuk bantuan warga Palestina.

Penyerahan donasi diserahkan secara simbolis oleh Koordinator Aksi, Hasby Yusuf, kepada Bang Onim.#FFC

banner 680x450

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page