Ekspedisi GKT Jadi Tujuan SMSI di HPN 2023, Ini Tanggapan Bupati Taput

Spasinenws.com, TAPUT – Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 mendatang, Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) mengelar berbagai kegiatan ekspedisi.

Salah satu tujuannya adalah Geopark Kaldera Toba (GKT) yang berada di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) Sumatera Utara (Sumut).

Bupati Taput, Nikson Nababan melalui rilis, Jumat 07 Oktober 2022, mengakui, sangat bangga dan mengaplikasikan kepada SMSI, karena telah memilih GKT sebagai salah satu kegiatan dalam memeriahkan HPN 2023 mendatang.

“Untuk itu, saya selaku Bupati Taput, akan membangun komitmen bersama dengan Dinas- Dinas guna mendukung kegiatan tersebut, karena kegiatan itu bertujuan untuk membangun Taput, sekaligus mengembangkan GKT,” ungkapnya.

Jujur saja, lanjut Bupati Nikson, selain memiliki GKT, Taput Taput memiliki beberapa Geosite, seperti, Hutaginjang dan Muara Sibandang,” katanya Nikson saat menerima kehadiran Pengurus SMSI Sumut, Panitia Rangkaian HPN SMSI 2023 di Sumut, dan Pengurus SMSI Taput, di Rumah Dinas Bupati, Tarutung, Kamis kemarin.

“Karena peserta Ekspedisi GKT nantinya adalah para Pengurus SMSI Pusat dan dari 34 provinsi di Indonesia, saya meminta agar panitia mempersiapkan sebaik mungkin rangakaian acara terutama Ekspedisi GKT,” pintanya.

Jadi, terkait dengan persiapan, dirinya selaku Bupati Taput, pasti akan mendukung setiap kegiatan dalam rangka memeriahkan HPN tahun 2023.

“Olehnya itu, saya berharap SMSI juga akan mendukung setiap program Pemda, dan untuk program apa saja Pemda akan saya paparkan secara umum, khususnya pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya (UNTARA),” ujarnya.

Bupati Nikson juga meminta, agar kegiatan Ekspedisi GKT di Kecamatan Muara, bisa dirangkaikan dengan kegiatan penanaman pohon barbuah, tabur bibit ikan dan pemberian bibit bawang merah.

“Sehingga kegiatan tersebut bisa dirasakan langsung oleh masyarakat sekaligus dapat berpartisipasi dalam kegiatan tersebut,” harapnya.

Terpisah, Ketua Panitia HPN 2023 SMSI di Sumut, Erris J Napitupulu, mengakui, GKT sebagai salah satu kegiatan memeriahkan HPN 2023 di Sumut, itu berdasarkan arahan Ketua Umum SMSI.

“Sebab HPN 2023 dipusatkan di Sumut, maka kami SMSI Sumut akan mengambil bagian, dengan menjadi Ekspedisi GKT salah satu kegiatan dalam memeriahkan HPN nantinya,” terangnya.

Pasalnya program ekspedisi GKT merupakan wujud nyata dukungan SMSI terhadap GKT sebagai bagian dari UNESCO Global Geopark (UGG), atau penghargaan dan predikat sebagai taman warisan bumi yang diberikan UNESCO-PBB.

“Selain program ekspedisi juga untuk mempromosikan objek wisata Danau Toba yang berada di Taput, serta mengunjungi sentra produk UMKM dan potensi unggulan di Taput,” jelasnya.

Sekadar diketahui hadir dalam pertemuan tersebut adalah, Wakil Ketua SMSI Sumut, Agus S Lubis, Sekretaris Erris J Napitupulu yang juga Ketua Panitia HPN 2023 SMSI di Sumut, Sekretaris Panitia, Benny Pasaribu, Penasehat SMSI Sumut, Rony Purba, Irwan Manalu dari Bidang Organisasi, serta Ketua SMSI Taput, Jan Pieter Simorangkir beserta jajaran pengurus serta anggota. #tim

banner 680x450

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page