Pemkab Pulau Morotai Kembali Raih Opini WTP Dari BPK RI Maluku Utara

SpasiNews.com TERNATE – Dengan penuh rasa syukur dan kebanggaan, acara penyerahan laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun 2023 berlangsung sukses di Aula BPK Perwakilan Maluku Utara.

Acara yang digelar dihadiri oleh Kepala BPK Perwakilan Malut, Pj. Bupati Pulau Morotai Burnawan, SH didampingi Sekda Pulau Morotai Muhammad Umar Ali dan Sejumlah OPD Lingkup Pemkab Pulau Morotai serta berbagai pejabat penting dari berbagai wilayah Kabupaten/kota di Maluku Utara, Rabu (29/05/2024).

Kabupaten Pulau Morotai berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2023. Prestasi ini menandakan bahwa pengelolaan keuangan di Kabupaten Pulau Morotai telah memenuhi standar akuntansi pemerintahan serta prinsip akuntansi yang berterima umum.

Dalam acara penyerahan laporan hasil pemeriksaan (LHP) yang berlangsung pada pagi tadi, berbagai pejabat tinggi daerah turut hadir untuk menunjukkan komitmen kuat mereka dalam mendukung transparansi dan akuntabilitas keuangan daerah.

Kepala BPK Perwakilan Malut Marius Sirumampea, SE. MSi, Ak menyampaikan sambutannya dengan penuh apresiasi. “Kami mengucapkan selamat kepada Kabupaten Pulau Morotai atas pencapaian opini WTP. Ini adalah bukti nyata bahwa Kabupaten Pulau Morotai mampu mengelola keuangan daerah dengan transparan dan akuntabel. Kami berharap prestasi ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan di masa mendatang,” ujar Kepala BPK.

Tidak hanya itu, Kepala BPK juga mengapresiasi tingkat penyelesaian tindak lanjut rekomendasi yang mencapai 80% di Kabupaten Pulau Morotai. “Ini termasuk yang cukup tinggi, dan kami ucapkan terima kasih kepada Bapak-Ibu yang sudah berusaha menindaklanjuti rekomendasi hasil pemeriksaan BPK. Ini menunjukkan bahwa sistem pengendalian internal di Kabupaten Pulau Morotai sudah kuat,” ujarnya.

Pj. Bupati Pulau Morotai Burnawan. SH juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras dalam pengelolaan keuangan daerah. “Prestasi ini adalah hasil kerja keras kita bersama. Mari kita terus meningkatkan transparansi dan akuntabilitas demi kesejahteraan masyarakat Pulau Morotai” ungkapnya dengan semangat.

Dengan opini WTP ini, Kabupaten Pulau Morotai diharapkan dapat terus meningkatkan kualitas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan daerah, serta menciptakan tata kelola keuangan daerah yang bersih, akuntabel, dan transparan. Prestasi ini juga menjadi motivasi bagi pemerintah daerah untuk terus bekerja keras dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Pulau Morotai.#tim/red

banner 680x450

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page