Walikota Makassar Ungkap Status Seluruh Tersangka Dalam Kasus Penembakan Najamuddin

Spasinews.com Makassar(SULSEL) – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan “Danny”Pomanto mengungkap seluruh tersangka dalam kasus penembakan petugas Dishub Makassar Najamuddin Sewang merupakan pegawai lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar. Selain Kasatpol PP Makassar Muhammad Iqbal Asnan, ada tiga pegawai Pemkot lain yang disebut turut terlibat dalam penembakan maut ini. “Semua (tersangka) internal Pemkot ini,” tegas Danny saat dikonfirmasi Spasinews.com, Minggu (17/4/2022).

Diketahui selain Kasatpol PP Makassar Muhammad Iqbal Asnan, ada tiga pelaku lain yang juga ditetapkan tersangka, di antaranya berinisial S, AKM, dan A. Namun Danny menekankan, keempat tersangka kasus ini tidak ada kaitannya dengan urusan kedinasan, tetapi murni urusan pribadi.

” Keterkaitan empat tersangka itu merupakan urusan pribadi, bukan urusan kantor,” sambung dia.

Hanya saja Danny belum memastikan status kepegawaian tiga tersangka lainnya. Iqbal Asnan yang baru diketahui berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan jabatan Kasatpol PP Makassar.

“Saya belum tahu. Belum ada laporan (status kepegawaian tiga tersangka lain),” ucap Danny.

Namun beredar kabar bahwa ketiga tersangka berinisial S, AKM, dan A berstatus pegawai kontrak atau honorer di Pemkot Makassar. Danny belum mau berspekulasi terkait itu sampai mendapat laporan pasti.

“Kalau memang tenaga honorer, sudah pasti langsung saya berhentikan sebab Itu kewenangan saya langsung memberhentikan,” paparnya

Sementara Iqbal Asnan, ditegaskan Danny akan langsung diproses pemberhentiannya, sekaligus penggantinya. Kebijakan ini menyusul penetapan Kasatpol PP Makassar itu sebagai tersangka oleh polisi.

“Kalau ASN ada aturan (pemberhentiannya). Kan mereka sudah tersangka semua. Senin besok saya eksekusi,” terang Danny.

Sebelumnya diberitakan, Kasatpol PP Makassar Muhammad Iqbal Asnan ditangkap di rumahnya, Jalan Muhammad Tahir sekitar pukul 16.00 Wita, Sabtu sore (16/4/2022). Iqbal ditangkap tanpa perlawanan, menyusul tiga pelaku lainnya yang diamankan polisi.

“Untuk tersangka kami beri inisial, pertama adalah S, yang kedua adalah MIA (Muhammad Iqbal Asnan), yang ketiga AKM, dan yang keempat adalah A,” ungkap Kapolrestabes Makassar Kombes Budi Haryanto kepada Spasinews.com, Minggu (17/4/2022)

Menurut Budi, Iqbal Asnan merupakan dalang alias otak penembakan maut. Sementara tiga tersangka lainnya berperan sebagai penggambar hingga eksekutor penembakan maut.

“Peranannya adalah eksekutor, penggambar dan otak pelaku,” ucapnya mengakhiri..#ren

banner 680x450

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page