Daerah  

Turnamen Sepak Bola di SMPN-6 Kota Ternate Resmi Digelar

Spasinews.com TERNATE – SMPN-6 Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, secara resmi menggelar turnamen sepakbola tingkat pelajar Sekolah Dasar (SD) se-Kota Ternate.

Kegiatan itu dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Ternate Sutopo Abdullah, yang berlangsung di lapangan SMPN-6 Kota Ternate, Sabtu (28/10/2023).

Ketua panitia kegiatan turnamen SMPN-6 Kota Ternate, Hi. Abdul Halik Sabtu mengatakan, kegiatan turnamen yang diinisiasi oleh SMPN-6 Kota Ternate merupakan kolaborasi antara pihak sekolah dan alumni dengan bertajuk Spensixter Cup I.

Menurutnya, event turnamen sepakbola yang dilaksanakan SMPN-6 Kota Ternate bagian dari menyemarakan hari sumpah pemuda 28 Oktober.

Selain itu, turnamen Spensixter Cup I yang melibatkan 24 tim dari satuan pendidikan dasar itu, bertujuan membangun antusias dan inovasi dikalangan peserta didik tingkat SD.

“Melalui momen ini saya ingin membangun kesadaran dan kepedulian terhadap peserta didik akan pentingnya sportivitas.”Ungkapnya.

Sementara itu, Kadispora Kota Ternate Sutopo Abdullah menyampaikan, pihaknya memberikan apresiasi sekaligus memberi atensi khusus atas terobosan di SMPN-6 Kota Ternate terutama dibidang sepakbola.

“Saya berkeinginan agar turnamen sepakbola ini terus berlanjut di tahun mendatang.”Ujarnya.

Ia menuturkan, hari sumpah pemuda adalah momentum yang sangat tepat karena bertepatan dengan kegiatan sepakbola, kemudian event ini juga sangat berbanding lurus dengan program Dispora yaitu pembinaan SSB.

“Ada 23 SSB yang kami memberikan pembinan pada mereka dan semua rata-rata anak usia 9-11 tahun, diusia tersebut yang dikejar bukan prestasi, tapi konteks pembinannya adalah belajar dan bermain.”Ucapnya.

“Bagaimana skil dan pengetahuan sepakbola yang kita bangun dan kembangkan, nantinya di usia prestasi 13-17 tahun mereka bisa menjadi pemain berprestasi dan profesional, baik di tingkat nasional maupun internasional.”Jelasnya.

Terpisah, Kepala SMPN-6 Kota Ternate, Astuti Djumati menambahkan, kegiatan sepakbola ini selaras dengan program pengembangan diri khususnya pada bidang olahraga di SMPN-Kota Ternate.

“Saya sangat terinspirasi dengan program tersebut sehingga kami mendidik, mengasah, dan mengembangkan potensi bakat minat peserta didik dibidang olahraga.”Katanya.

Kata dia, melalui momentum sumpah pemuda tanggal 28 Oktober 2023, keluarga besar SMPN-6 Kota Ternate turut mengapresiasi dan mensyukuri serta mengenang jasa perjuangan para pemuda terdahulu.

“Olehnya itu saya berharap semoga ini menjadi komitmen bersama peserta didik SMPN-6 Kota Ternate, untuk terus memelihara sekaligus menjadikan sumber motivasi yang unggul dan berprestasi demi nusa dan bangsa.” Pungkasnya.# FFC

banner 680x450

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page