Persiapan Matang, Selasa, Saifuddin Djuba Lantik Pengurus Cabang Sibualamo Haltim Periode 2023-2027

Saifuddin Djuba : Sibualamo merupakan lembaga sosial yang syarat maknanya dalam kehidupan masyarakat Malut.

Spasinews.com TERNATE – Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Sibualamo Maluku Utara Saifuddin Djuba bakal menkukuhkan Badan Pengurus Cabang Sibualamo Halmahera Timur periode 2023-2027 yang berlangsung dikota Maba, Selasa(17/01/2023).

Pengukuhan dan pelantikan tersebut akan dihadiri oleh Dewan Pakar Sibualamo provinsi Malut, Sekertaris umum wilayah Malut , Bupati dan Forkopinda Haltim serta pengurus BP Sibualamo Haltim.

Ketua umum Sibualamo Provinsi Malut Saifuddin Djuba menjelaskan, Sibualamo adalah organisasi masyarakat yang lahir atas dasar kesamaan pandang dan pemikiran terhadap berbagai persoalan baik sosial, politik, ekonomi, adat dan budaya, khususnya masyarakat Sibualamo dan masyarakat Maluku Utara pada umumnya.

“Sibualamo memiliki makna rumah pertemuan atau rumah bersama, saat ini generasi dengan semangat canga harus tetap mewujudkan, melestarikan dan memelihara nilai-nilai peradaban yang tumbuh, yang bersumber dari para leluhur sekaligus menjaga eksistensi yang mengandung hakekat menjunjung tinggi nilai kebersamaan, persatuan, persaudaraan, toleransi dan gotong royong,”ucapnya kepada media ini, Minggu (15/01/2023).

Menurutnya, Sibualamo merupakan lembaga sosial yang syarat maknanya dalam kehidupan masyarakat Malut. Makna-makna budaya ini ditransformasi secara mendalam dan luas dalam perspektif pembangunan Maluku Utara. ”Sibualamo memberikan patokan dasar melalui komunikasi antar agama dengan prinsip menghargai ajaran agama masing-masing,”ujarnya.

Kehadiran Sibualamo di  Halmahera Timur karena Sibualamo adalah bagian dari Limabot Fayfiye untuk itu kami berharap agar PB Sibualamo cabang Halmahera Timur selalu berkolaborasi, memberikan saran, pendapat dan masukan yang positif dan konstruktif serta mengawal kebijakan pemerintah Halmahera Timur.

“Saya berharap pengurus Sibualmo Kabupaten Halmahera Timur yang akan dikukuhkan dan kepercayaan yang diberikan oleh Pengurus Besar Sibualamo Provinsi Malut dan Masyarakat Halmahera Timur agar dapat bersinergi dengan pemerintah untuk pembangunan Haltim,”harapnya.

Bukan hanya itu saja, Saifuddin mengaku bahwa selain persiapan pengukuhan acara juga akan di isi dengan dialog kebudayaan yang mengangkat tema” Peran Sibualamo Dalam Prespektif Budaya Adat Yang Maju dan Mandiri “ucapnya.*(Tim/red) 

banner 680x450

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page