Pemprov Bersama Kemenag Malut Gelar Rakor Terkait Operasional Ibadah Haji di Musim Haji 1445 H/2024 M

Spasinews.com TERNATE – Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut) melaui Biro Kesejahteraan Rakyat(Kesra) Setda Malut bersama Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara melalui Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU)  melakukan rapat koordinasi (Rakor) terkait persiapan operasional haji musim haji 1445 H / 2024 M di Aula Utama Asrama Haji Transit Ternate pada Rabu(24/04/2024).

Rakor yang dimulai pada pukul 14.00 WIT tersebut dipandu langsung Kepala Bagian Tata Usaha(TU) Kanwil Kemenag Malut Hi M Ridwan Karie yang dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenag Malut, H. Amar Manaf, Plt Karo Kesra Seta Malut, H. Mukhlis Jailani, para Ketua Tim Kerja Bidang PHUKabupaten/kota dan pegawai Bidang PHU dan Kesra Setda Malut, Kadis Perhubungan Malut, Perwakilan dari Dinkes Malut.

Plt Kepala biro Kesra Malut Hi Mukhlis Jailani memaparkan terkait dengan koordinasi yang telah dilakukan dengan berbagai pihak, mulai dari pihak maskapai penerbangan yang ada di Indonesia, Pihak Bandara (Angkasa Pura), Angkasa Pura Logistik dan Asrama Haji Makassar.

Selain itu pada kesempatan itu Karo Kesra juga memaparkan bahwa Pemprov malut juga sudah melakukan kerjasama dengan pihak maskapai Lion Air yang nantinya akan digunakan oleh para jemaah haji maluku utara sampai di emberkasi makassar.

” Kami telah melakukan kerjasama dengan pihak maskapai Lion Air sebagai angkutan jemaah haji dari Malut ke Embarkasi Makassar,” kata Mukhlis.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Malut H. Amar Manaf mengatakan bahwa waktu yang dimiliki panitia untuk mempersiapkan keberangkatan para calon jamaah haji sudah semakin singkat, oleh karena itu menurut Kakanwil kita sudah harus segera melakukan pemantapan secara teknis guna kelancaran operasional yang ada.

“Dengan begitu maka pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Kota bisa segera melakukan skema pembiayaan secara final terkait perjalanan para tamu Allah tersebut,” ujar Amar.

Suasana rapat menjadi semakin aktif saat sudah memasuki sesi diskusi dengan berbagai tanggapan dan saran yang disampaikan oleh perwakilan dari Kabupaten/kota serta dari bidang-bidang yang memegang tanggung jawab untuk mengurus transportasi dan akomodasi para jemaah haji Provinsi Maluku Utara.

Seperti yang kita ketahui jumlah Kouta jamaah 1114 yang masuk dalam pembiayaan berjumlah sebanyak 1098 sebab 16 orang jamaah haji masuk dalam mutasi keluar.

Kegiatan tersebut ditutup dengan pemberian Handpone Tipe samsung Galaxi S24 Ultra yang fi serahkan langsung oleh Krpala Kanwil Kemenag Malut kepada petugas PHU di 7 kabupaten kota yang ada. #tim/red.

banner 680x450

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page