Padat Karya Tunai Dana Perlindungan Sosial, Pemerintah Kelurahan Jati Ajak Warga Bersihkan Jalan dan Drainase

Foto : Kegiatan Padat Karya di Kelurahan Jati Ternate Selatan

Spasinews.com TERNATE – Pemerintah Kelurahan Jati melakukan kegiatan Padat Karya Tunai Dana Perlindungan Sosial Penanganan Dampak Inflasi tahun 2022 dengan membersihkan Jalan seta saluran air atau drainase yang berada di jalur utama pada Selasa (03/01/2023).

Lurah Jati Jaim, S.IP. yang secara langsung memimpin pekerjaan mengatakan, tujuan dari kegiatan Padat Karya Tunai Dana Perlindungan Sosial Penanganan Dampak Inflasi tahun 2022 tersebut untuk membersihkan jalan dan mengangkat sampah serta lumpur yang ada di saluran drainase yang berada di pinggir jalan utama mengingat mulai turunnya intensitas hujan akhir-akhir ini.

“Iya hari ini kita melakukan gotong royong bersama masyarakat setiap lingkungan di kelurahan jati untuk membersihkan jalan dan saluran air yang tanahnya mulai tinggi setelah melewati musim hujan,” ucapnya.

Padat Karya Tunai sendiri merupakan program pemerintah berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, khususnya yang miskin dan marginal, bersifat produktif yang mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk menambah pendapatan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Jaim menjelaskan, setiap tahunnya Pemerintah Kelurahan Jati rutin melaksanakan kegiatan tersebut dengan melibatkan warga lokal yang berada di kelurahan sebagai salah satu kegiatan untuk meningkatkan kualitas pemberdayaan masyarakat.

“Kegiatan Padat Karya Tunai ini kita jadikan sebagai ajang untuk menumbuhkan budaya gotong royong, kekompakan, dan kebersamaan dalam konteks yang positif. Sehingga tercipta kesadaran di masyarakat tentang pola hidup yang baik terhadap lingkungan,” katanya.

Dirinya menambahkan, diharapkan output dari kegiatan tersebut nantinya menjadi suatu kebiasaan bagi masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan tempat tinggal mereka agar selalu bersih dan rapi. Pola pikir masyarakat tentang permasalahan sampah juga dapat terbentuk sehingga kedepan diharapkan wilayah di Kelurahan Jati bersih dan asri.

“Saya berharap dengan begitu kesadaran masyarakat mulai meningkat tentang kebersihan ini, mereka yang akan menjadi pelopor kebersihan di lingkungan mereka. Hal ini tentu dapat memperindah dan menyehatkan lingkungan tempat tinggal serta mengurangi potensi bencana banjir,” ujarnya.#tim/red

banner 680x450

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page