Daerah  

Lepas CJH Malut 2024, Pj Gubernur : Luruskan Niat Hanya Untuk Beribadah

SpasiNews.com TERNATE – Penjabat Gubernur Maluku Utara(Malut) Samsuddin Abd Kadir menekankan pentingnya seluruh jamaah calon haji menjaga niat dan fokus dalam beribadah dan menjalankan perintah Allah SWT dengan hati yang ikhlas.

“Intinya fokus beribadah tidak ada yang lain, begitu berangkat haji ikhlaskan semuanya,” tutur Samsuddin Abd Kadir saat melepas jamaah calon haji (JCH) Kloter 11,13 dan 15 di Asrama Haji Transit Ternate, Sabtu (18/5/2024) siang tadi.

Acara pelepasan yang berlangsung di Aula Gedung Asrama Haji Transit Ternate ini diwarnai dengan penyerahan bendera petaka Maluku Utara kepada perwakilan tim PHD sebagai simbol keberangkatan yang suci.

Sebanyak 445 calon haji dari lima kabupaten yang tergabung dalam kloter 11 Malut dijadwalkan berangkat pada pukul 06.00 WIT pada, Minggu(19/5/2024) pagi besok.

“Alhamdulillah hari ini kita bisa memberangkatkan secara simbolis seluruh jamaah haji dari Asrama haji transit ternate besok menuju emberkasi sudiang makassar dan Insya Allah akan besok harinya menuju di Tanah Suci selama 41 hari. Kita mendoakan seluruhnya berangkat dan kembali dalam keadaan sehat,” katanya.

Dia melanjutkan, berhaji dianggap sebagai puncak kehidupan bagi umat Muslim seluruh dunia, sebuah perjalanan untuk mendapatkan ridha Allah SWT.

Secara keseluruhan, Maluku Utara akan memberangkatkan 1098 orang Jamaah Haji dari 10 provinsi dalam 3 kloter.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Kemenag Malut Hi Amar Manaf mengapresiasi dukungan Pemerintah Provinsi Malut dalam pelaksanaan haji tahun ini.

“Saya mendengar dukungan Pemprov Malut luar biasa, saya mewakili Kementerian Agama mengucapkan terima kasih kepada Penjabat(Pj) Gubernur Malut dan jajaran serta Forkopimda di Malut” ucapnya.

Tiga pesan utama untuk JCH tahun ini, senada dengan pesan Penjabat Gubernur Malut adalah meluruskan niat hanya untuk beribadah, menjaga kesehatan mengingat tantangan fisik dan energi yang besar dalam berhaji, serta membawa nama Indonesia dengan menjadi duta negara dan daerah yang baik.

Terpisah salah satu calon jamaah haji Abdul Muthalib (90), seorang calon haji lansia, menyatakan rasa syukurnya bisa berangkat pada tahun ini di kloter kedua yakni kloter 13 dengan pelayanan yang baik dari petugas.

” Saya sangat bersyukur dapat menjadi tamu allah di tahun ini, saya juga tetap berkomitmen untuk menjalankan ibadah dengan baik. “Pesan Pak Gubernur, jaga kesehatan dan luruskan niat akan saya pegang,” tutupnya.

Dari pantauan media ini di acara pelepasan jamaah haji malut,hadir dalam kegiatan itu yakni Ka Kanwil Kemenag Malut, Forkopinda Malut, Walikota Ternate, Walikota Tikep, Sejumlah OPD Malut, Tikep dan Ternate, Insan Pers dan Undangan lainnya. #tim/red.

banner 680x450

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page