Sekprov Buka Musrembang RKPD Provinsi Malut Tahun 2023 

Spasinews.com Ternate(MALUT)– Mewakili Gubernur, sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Maluku Utara(Malut) Samsuddin A Kadir membuka Forum Lintas Perangkat Daerah dan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Maluku Utara Tahun 2023 yang bertempat di Ball Room Sahid Bela Hotel, Senin(18/4/2022)

Samsudin yang membacakan amanat Gubernur Maluku Utara mengatakan, Forum Perangkat Daerah merupakan tahapan penting dalam proses perencanaan. Dari sisi perencanaan, sehingga forum ini merupakan tahapan pembahasan menghasilkan rancangan rencana kerja perangkat daerah yang lahir dari masukan pihak-pihak terkait.

Sementara dari sisi pengawasan lanjut Sekprov, tahapan ini menjadi bahan audit baik oleh Lembaga KPK, BPK atau pengawasan daerah, bahwa sejauh mana rencana kegiatan pemerintah telah dibahas dalam tahapan yang prosedural.

Dalam pembacaan sambutan gubernur, Sekda juga menguraikan bahwa pertumbuhan ekonomi Provinsi Maluku Utara meningkat atau mengalami pertumbuhan positif sebesar 16,40 persen.

“Pertumbuhan ini lebih dari yang ditargetkan RKPD tahun 2021 sebesar 9,01 persen, sehingga capaiannya melebihi 128 persen dari target.” Jelasnya.

Kenaikan ini dipicu oleh Lapangan Usaha Industri Pengolahan yang mengalami pertumbuhan tertinggi sementara dari sisi pengeluaran semua komponen tumbuh, dimana pertumbuhan tertinggi terjadi pada komponen ekspor luar negeri.

“Pertumbuhan ini telah memperlihatkan terjadi perubahan struktur ekonomi daerah yang signifikan, dimana peran sektor primer, pertanian dan kelautan perikanan telah bergeser digantikan Industri Pengolahan dan Industri Pertambangan dan Penggalian, sebagai kontributor terbesar. Hal ini memberikan tantangan khas untuk bagaimana mengelola momentum pertumbuhan yang tinggi menjadi pertumbuhan yang berkualitas, ke depan.” Tandas Sekprov.

Oleh karenanya, Samsuddin menekankan kepada seluruh Jajaran Pemprov Malut untuk selalu optimis, bekerjakeras serta saling bersinergi dan menjaga komitmen dalam membangun pondasi pemerintahan yang kokoh dan kuat, guna terciptanya pembangunan daerah yang terintegrasi.

“Kedepan bisa saja tantangan kita lebih berat, peluang bisa jadi lebih banyak, bagaimana langkah kita kedepan agar kelemahan-kelemahan bisa kita atasi, kekuatan bisa kita tumbuhkan supaya kita bisa menangkap peluang-peluang dan kita bisa menyelesaikan semua hambatan-hambatan,” ujarnya.

Melalui kegiatan Musrenbang RKPD Malut Tahun 2023, Samsuddin berharap, dapat benar-benar menjadi wadah dalam menyerap asiprasi masyarakat dan mensinergikan berbagai potensi yang ada, guna melaksanakan pembangunan daerah yang lebih baik.

“Mudah-mudahan apa yang kita lakukan, bukan hanya sekedar spiritual tapi bisa mensinergikan potensi yang kita miliki, benar-benar menampung aspirasi masyarakat untuk menata pembangunan kedepan menjadi lebih baik lagi,” harapnya..#red

banner 680x450

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page