Gelar Tasyakuran, Kanwil Malut: Terima Kasih dan Mohon Maaf Jika Pelayanan Kami Masih Ada Kekurangan

SpasiNews.com TERNATE – Tasyakuran Penyelenggaraan Ibadah Haji (PIH) Provinsi Maluku Utara (Malut) , dengan tagline; Haji Ramah Lansia, digelar di Aula utama gedung raudah Asrama haji transit ternate, Ahad(28/7/2024).

Kepala Kantor  Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Malu H. Amar Manaf, menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas kinerja semua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Daerah (PPIHD) dari semua instansi, baik Kemenag (Wilayah dan Kabupaten/Kota), Pemda dan Dinas Kesehatan, juga Maskapai Penerbangan, Balai Karantina Kesehatan dan semua stake holder yang turut menyukseskan terselenggaranya penyelenggaraan ibadah Haji, mulai persiapan, pemberangkatan sampai pemulangan kembali ke daerah masing-masing.

“Saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas seluruh kinerjanya yang maksimal dalam pelayanan ibadah haji tahun ini, sehingga mampu memberi  pelayanan yang terbaik,” tuturnya.

Menurutnya penyelenggaraan ibadah haji yang mengurus banyak jemaah bukanlah hal mudah, sehingga butuh kerja kolaborasi yang baik dengan semua pihak. Penyelenggaraan haji tahun 2024 juga merupakan penyelenggaraan yang telah diupayakan yang terbaik. Keberhasilan ini tentu tidak terlepas dari berbagai inovasi dan kolaborasi serta kerjasama Kementerian Agama bersama semua pihak terkait. Tentunya ada begitu banyak inovasi yang terus dikembangkan. Termasuk Kanwil Kemenag Malut yang terus berusaha memaksimalkan layanan Asrama Haji, baik fisik dan non fisik.

Namun Kakanwil juga meminta maaf pada para jemaah haji Malut, jika masih ada kekurangan dan ketidaksempurnaan selama melayani jemaah haji. Segala upaya senantiasa dilakukan secara maksimal, karena tentunya masih saja ada kekurangan. Kendala-kendala yang ada senantiasa diupayakan diselesaikan dengan cara terbaik.

“Memang Kementerian Agama dari tahun ke tahun senantiasa meningkatkan pelayanan pada jemaah haji. Namun tentunya masih saja ada yang harus ditingkatkan pelayanannya. Jika terjadi kendala senantiasa diupayakan penyelesaian yang terbaik,” lanjutnya.

Kakanwil mendo’akan semua jemaah haji menjadi mabrur dan mabruroh. Sehat dan bisa terus berperan  aktif, berbagi kebaikan kepada sesama umat beragama di Malut. Sehingga kerukunan umat beragama di Malut tetap berjalan baik secara terus-menerus.

Terpisah dari itu Penjabat (Pj) Gubernur Malut Drs H. Samsuddin A Kadir.M.Si yang pada tahun ini melaksanakan ibadah haji juga menyampaikan terimakasih mewakili pemprov serta jemaah Haji Malut. Menurutnya, dari tahun ketahun pelayanan ibadah haji Indonesia khususnya di Malut semakin baik. Meskipun masih saja ada sedikit kendala, namun semuanya masih bisa terlayani dengan baik. Pada kesempatan ini dirinya juga berharap kuota Malut bisa ditambah dengan kebijakan khusus. Dengan  tidak memakai rumus hitung perbandingan seribu orang satu jemaah, namun bisa diambil kebijakan yang beda.

Kabag TU Kanwil Kemenag Malut H. Ridwan Karie menjelaskan bahwa acara tasyakuran ini digelar sebagai ungkapan rasa syukur Kementerian Agama, setelah selesai melaksanakan penyelenggaraan ibadah haji 2024, yang berakhir tanggal 22 Juli 2024. Bersyukur penyelenggaraan ibadah haji tahun ini terlaksana dengan baik hingga akhir.

Hadir dalam tasyakuran haji yang diselenggarakan pertama kali ini yakni  Pj Gubernur Malut, Wakil Ketua DPRD Malut, Pejabat eselon III lingkup Kanwil Kemenag Malut, Ketua PPIHD Malut,  PW Muslimar NU Malut, Naisyatul Aisyiah, BKTM Prov Malut, DWP Kanwil Kemenag Malut, Kepala KUA Kota Ternate dan sejumlah jamaah haji Kota Ternate serta undangan lainnya.#tim/red

banner 680x450

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *