Maret Mendatang, Pemkab Pulau Taliabu Bakal Gelar Wisuda Masal Imunisasi Dasar Lengkap

Kuraisia Marsaoly : Imunisasi dasar lengkap bagi anak ini di Pulau Taliabu menjadi suatu kewajiban

Spasinews.com TERNATE – Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu merencanakan Wisuda Masal terhadap seluruh anak yang sudah diimunisasi dasar lengkap di seluruh kecamatan di Pulau Taliabu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Taliabu Kuraisia Marsaoly, menjelaskan, nanti seluruh anak di kabupaten Pulau Taliabu yang sudah mempunyai imunisasi dasar lengkap akan dipanggil untuk diwisuda secara Masal oleh Bupati  Pulau Taliabu Hi Aliong Mus.

Program ini satu satunya hanya ada di Maluku Utara. Bisa dikatakan unik, sebab bisanya bapak bupati mewisuda para sarjana, namun kali ini Aliong Mus mewisuda anak dalam jumlah yang besar secara masal yang rencananya dilaksanakan di tanggal 10 Maret 2023 mendatang.

kadis Kuraisia juga mengatakan, Mereka yang diwisuda itu berjumlah 500 anak dengan usia 2-5 tahun dan mereka akan mendapat sertifikat untuk bukti bahwa bayi tersebut sudah mendapat imunisasi dasar lengkap.

Bahkan,Lanjut Kuraisia, sertifikat itu akan menjadi persyaratan sang anak jika kelak mau masuk TK atau PAUD. Legalitas sertifikat ini sudah dituangkan ke dalam Peraturan Bupati (Perbup) tetang Germas.

” Jadi Perbup itu nanti akan mengatur, dan mewajibkan semua anak yang akan masuk sekolah PAUD maupun TK harus memiliki sertifikat iminisasi dasar lengkap” jelas Kuraisia kepada media ini usai kegiatan Rakor TPPS Provinsi dan Kabupaten/Kota se malut di Red Star Resto Ternate, Kamis (23/02/2023).

Imunisasi dasar lengkap itu, dijelaskannya, adalah anak yang sudah diimunisasi BCG, DPT, polio,  campak, harus ada semua. Khusus untuk DPT harus sudah 3 kali imunisasi. Untuk BCG, diberikan kepada bayi usia 0 sampai 3 bulan. Setelah lengkap, maka akan diberi sertifikat saat bayi itu diwisuda.

Sertifikat ini harus disimpan baik baik, karena nanti digunakan sebagai syarat untuk mendaftar sekolah.

“Jadi, imunisasi dasar lengkap bagi anak ini di Pulau Taliabu menjadi suatu kewajiban,” tegasnya.

Melalui program ini, lanjut dia,  pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu berharap semua penyakit yang bisa dicegah dengan imunisasi tersebut, bisa terlaksana dengan baik.

Menurut Kuraisia, program ini sekaligus wujud apresiasi Pemkab Pulau Taliabu kepada kaum ibu yang sudah berkenan memberikan imunisasi lengkap kepada anaknya.

Disini ada kerjasama yang baik antara masyarakat dengan pemerintah, yakni sama sama menjaga kesehatan anak dan mencegah penyakit.

Kuraisia menambahkan, para orangtua, atau ibu-ibudi Pulau Taliabu tersebut juga antusias dan senang dengan program wisuda anak ini.

“Apalagi pada saat wisuda bayinya,  mereka terlihat gembira dan senang bisa berfoto bersama Bupati atau istri serta para tamu undangan dari luar daerah” tutup Kuraisia Mengakhiri. #tim/red

banner 680x450

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page