M.Ridha Ajam Buka Kegiatan Ormawa EXPO di Unkhair Ternate

Spasinews.com TERNATE – Rektor Universitas Khairun (Unkhair) Ternate M Ridha Ajam, secara resmi membuka kegiatan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) EXPO 2022 dan penganugerahan mahasiswa berprestasi dengan tema,” Mewujudkan Ormawa Yang Kreatif dan Berdaya Saing di Era Society 5.0. Senin (26/12/2022).

Kegiatan tersebut dipusatkan di depan gedung Rektorat  kampus II Unkhair Ternate, Kelurahan Gambesi, Kecamatan Ternate Selatan, Kota Ternate.

Ketua panitia kegiatan Hamidin Rasuluh, dalam laporannya mengatakan, kegiatan Ormawa EXPO 2022 dan penganugerahan mahasiswa berprestasi merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan sebagai wujud dari kreatifitas pada Ormawa, untuk menyiapkan pesan ide dan gagasan kreatifitas melalui EXPO.

Menurutnya, tujuan kegiatan tersebut adalah mengembangkan kreatifitas bagi Ormawa di kampus Unkhair Ternate, dalam rangka mendukung kreatifitas mahasiswa melalui  entrepreneurship dan memberikan apresiasi pada dosen pembimbing dan mahasiswa berprestasi, pada tingkat Nasional maupun tingkat lokal.

“Selain itu, total stand disediakan pada sejumlah titik kegiatan tadi sebanyak 15 stand,  terdiri dari stand Fakultas, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), rumah produksi serta Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), dan Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM)2 se- Indonesia,” ujar Hamidin.

Sementara, Rektor Unkhair Ternate M Ridha Ajam mengatakan, pihaknya merasa senang dan bangga karena tahun ini begitu banyak peningkatan misalnya, dibagian kerja sama mengalami peningkatan yang sangat drastis karena prestasi mahasiswa hampir mencapai 200 persen tingkat Nasional.

“Unkhair Ternate tidak hanya dikenal karena Sultan Khairunnya atau Ternate sebagai Kota rempah, akan tetapi tahun ini Unkhair telah menorehkan sejarah baru yaitu prestasi pada tingkat Nasional,” ungkap Rektor.

Kata Rektor, persoalan uang masih bisa dicari namun prestasi harus diperjuangkan  sehingga Rektor bersama pimpinan Unkhair memberikan apresiasi, dan apresiasi tersebut tidak hanya dalam bentuk uang tapi juga dalam bentuk penghargaan tinggi mungkin nilainya tidak seberapa.

“Salah satu penghargaan dan kebanggaan bagi Unkhair Ternate adalah Fakultas Kedokteran yang kemarin baru ujian profesi pertama mahasiswa dinyatakan lulus 100 persen, selain itu mereka sebagian dari putra-putri Maluku Utara (Malut),” kata Rektor.

Lanjut Rektor, pihaknya telah memberikan penghargaan pada dosen yang berdedikasi mendampingi serta memberikan motivasi kepada adik-adik mahasiswa, sehingga mereka peroleh prestasi di tingkat Nasional.

“Jika satu orang mahasiswa Unkhair memperoleh prestasi pada tingkat Nasional, maka yang dibawa adalah nama Unkhair dan Ternate sekaligus Malut,” ucap Rektor.

Terpisah, Wakil Rektor (Warek) III Unkhair Ternate Abdul Kadir Kamaluddin menambahkan, kegiatan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) EXPO 2022 dan penganugerahan mahasiswa berprestasi dilaksanakan selama dua hari mulai, tanggal 26 sampai 27 Desember.

Menurutnya, berdasarkan data tercatat, jumlah pendaftar ada lima UKM Ormawa didalamnya termasuk BEM dan UKM di Unkhair Ternate, kemudian stand yang disediakan para UKM BEM  dan Fakultas kurang lebih 15 stand.

“Selain itu, Fakultas yang mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 7 Fakultas mines Fakultas Hukum yang tidak ikut, dan ada 7 UKM kemudian satu orang mahasiswa PMN,” ujar Abdul.

Dia mengaku, acara puncak penutupan kegiatan Ormawa EXPO besok dirangkaikan dengan pemberian apresiasi pada dosen  sebanyak 21 orang,  kemudian mahasiswa 144 orang.

“Untuk mahasiwa yang dikatakan memperoleh juara tingkat Nasional dan Internasional akan diberikan apresiasi oleh Unkhair  Ternate, pemberian apresiasi  dalam bentuk diberi sedikitit uang pada bersangkutan,” tutup Abdul.#bun/red

banner 680x450

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *