BNN Gelar Rakor Rehabilitasi Penyalahgunaan Narkoba

Spasinews.com HALUT- Badan Narkotika Nasional Kabupaten Halmhera Utara menggelar rapat kordinasi untuk melaksanakan program rehabilitasi penyalahgunaan narkoba.

Rapat bersama dengan sejumlah instansi terkait tersebut dipimpin Kepala Badan Narkotika (BNN) Kabupaten Halmahera Utara Maximilian Sahese di ruang meeting Sekretaris Daerah pada 20 Mei 2022.

Ia mengatakan rehabilitasi penanganan pecandu narkoba penting untuk dilaksanakan di Kabupaten Halmahera Utara. Sebab, meningkatkan pemulihan pecandu narkotika melalui layanan rehabilitasi yang komprehensif dan berkelanjutan.

“Kami (BNN) sangat mengharapkan agar supaya pihak terkait membantu menjadi jejaring penanganan penyalahgunaan. BNN tak bisa sendiri tetapi harus melibatkan kita semua,” harap Maximilian.

selain itu rakor program dan kegiatan rehabilitasi adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan maupun kendala ditingkat Desa.

“Dalam rakor ini juga untuk mengetahui kendala maupun pelaksanaan yang selama ini dilakukan di tingkat Desa terkait dengan intervensi terhadap penyalahgunaan pecandu narkoba,” jelasnya menambahkan.

Saat ini fasilitas rehabilitasi penyalahgunaan pecandu narkoba di Kabupaten Halmahera Utara, kata dia, masih sangat terbatas sehingga penanganan dilakukan rawat jalan. Ini karena rehabilitasi ditempat yang lain tidak ada termasuk RS maupun PKM.

“Jadi Badan Narkotika hanya melakukan deteksi dini atau asesmen awal para pecandu untuk penanganan lebih lanjut,” kata Kepala BNN Halut.

Untuk itu pihaknya berharap agar tempat rehabilitasi penyalahgunaan pecandu narkoba jadi perhatian dari masing – masing satuan kerja di daerah untuk menyediakan anggaran tambahan selain BNN. Program tersebut agar memaksimalkan upaya rehabilitasi.

“Untuk biaya rehabilitasi ada dari BNN, tetapi kami berharap juga supaya masing – masing satuan kerja di daerah bisa menyediakan anggaran. Biaya tersebut dimaksudkan untuk pembangunan fasilitas rehabilitasi,” pinta Maximilian Sahese.

Sekedar diketahui, rakor rehabiltasi tingkat Kabupaten dihadiri Kepala Dinas sosial Hedyani Hoata, Camat Tobelo Safrudin, Perwakilan Dinas Kesehatan, DPMD, PKM, Ketua Yayasan Rumah Sakit Bethesda yang diwakili Sudarmin paliema serta para Kepala Desa” Tandasnya..(jj)

banner 680x450

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page