Daerah  

Wakili Plh Gubernur Sahli EKP Malut Pimpin Apel Siaga PPIHD 2024

SpasiNews.com TERNATE – Wakili Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Maluku Utara (Malut), Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan (Sahli EKP) Fahrudin Tukoboya memimpin apel siaga Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Daerah (PPIHD) 1445 Hijriah, yang dilangsungkan di Asrama Haji Transit Ternate, Kamis, 16 Mei 2024.

Apel siaga PPIHD Malut yang digelar guna memastikan kesiapan semua panitia dan instansi pemerintah yang dilibatkan.

Kapala kanwil Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Malut yang juga Kepala Staf Urusan Haji Malut, Drs. H Amar Manaf, dalam laporannya, menjelaskan, jumlah JCH lansia lebih sedikit dibandingkan tahun 2023 lalu.

“Yakni di tahun 2023 CJH lansia sebanyak 465 jemaah sementara untuk tahun ini sebanyak 352 jemaah,” ungkapnya.

Olehnya itu, diharapkan kepada para jemaah agar saling membantu, yang mana jemaah yang sehat membantu yang kurang sehat atau yang membutuhkan bantuan.

“Karena haji adalah ibadah dan membantu juga ibadah,” ujarnya.

Dia juga menyampaikan pada tahun 2024, tercatat total CJH Malut sebanyak 1.114 jemaah, tetapi 18 jemaah diantaranya telah mutasi keluar sementara 2 jemaah mutasi masuk.

“Sedangkan untuk jemaah prioritas lansia sebanyak 54 jemaah sementara untuk petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) sebanyak 5 orang,” jelas H. Amar.

H. Amar juga menambah, dari 5 PPIH yang dibantu oleh 8 orang Tim Kesehatan Haji (TKHI) Malut dan 9 orang Petugas Haji bertugas melakukan pembimbingan, pelayanan dan perlindungan terhadap Jemaah.

“Sehingga, semua jemaah akan dibimbing dan untuk jemaah lansia lebih prioritas pengawasannya dari para petugas,” ujarnya.

Plh Gubernur Malut, Samsudin A. Kadir melalui Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan (Sahli EKP) Fahrudin Tukoboya, dalam sambutannya, mengharapkan kepada seluruh tim PPIHD agar selalu membangun koordinasi antar bidang dalam menjalankan tugas.

“Untuk meminimalisir kekurangan yang akan terjadi di lapangan dan terus melakukan pengecekan terhadap semua personil yang tergabung dalam PPIHD Malut,” ungkapnya.

Fahrudin juga meminta kepada PPIHD dapat berkonsentrasi untuk melakukan pelayanan yang terbaik kepada JCH (Jemaah Calon Haji) mulai dari proses keberangkatan sempai kepulangan nantinya,” tutupnya.

Sekadar diketahui, hadir dalam apel siaga, Komisi IV DPRD Malut, Kapolres yang diwakili Kabag OPS Polres Ternate dan diikuti sebanyak oleh 75 personil gabungan polres Ternate, 40 personil Satpol PP, PPIHD Malut, Tim kesehatan dan Pengelola Asrama haji. #tim/red.

banner 680x450

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page