Pemkab Halmahera Utara Gandeng Polandia Menuju Kota Berkelanjutan

Frans Manery : Dalam Waktu Dekat Tim Halut Akan Ke Polandia

Spasinews.com HALUT- Yayasan Kebijakan Pembangunan dan Kotamadya Gora Kalwaria melakukan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara.

Kerja sama ini mengenai Proyek pasar Perkotaan berkelanjutan khususnya tata kelola Kota Partisipatif untuk Pengelolaan pasar segar yang aman, hijau, dan inklusif di Indonesia.

Frans Manery mengatakan bahwa pelakanaan Proyek ini, di bawah program UE, Kemitraan untuk Kota – Kota berkelanjutan sesuai dengan perjanjian dengan Komisi Eropa nomor CSO-LA / 2020 / 420-747.

“Penjajakan kerja sama sudah dimulai sejak Januari 2021, dan sesuai rencana selesai di Desember 2023,” ucap Bupati, di ruang VIP, Senin (25/04/2022).

Proyek ini, Frans bilang, bertujuan untuk mentransfer pengetahuan dan teknologi Polandia dan Eropa di bidang revitalisasi, pengelolaan ruang Kota, termasuk pasar, dan pengelolaan limbah di pusat Kota kecil.

“Mereka (tim Polandia) akan mempromosikan teknologi dan solusi Polandia di bidang pencahayaan yang terintegrasi, cerdas, pemantauan kualitas udara, pemrosesan biomassa hijau, teknik pengepresan limbah padat, serta arsitektur kecil yang ramah bagi penyandang disabilitas,” terangnya.

Dia mengaku menyambut baik kunjungan tim Polandia dan sangat berterima kasih atas kerjasama program yang pembiayaannya dari UE.

“Selepas ini, tim dari Halmahera Utara dalam waktu dekat akan berkunjung ke Polandia, untuk melihat secara langsung program ini yang telah diterapkan disana,” kata Frans.

Kehadiran tim dari Polandia di Kabupaten Halmahera Utara, diterima oleh Bupati Frans Manery diantaranya Wojciech Szpocinski, Sylwia Halina Szparkowska, Piotr Krzysztot Walczak, Ewa Maria Sobiepanek, Piotr Robert Chmielewski, dan Lech Aleksander Sledelnik” Tandasnya..#Jj/red

banner 680x450

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page