Ini Yang Dikatakan Ketua TP-PKK Malut Saat Pengukuhan Pengurus Forum Anak Periode 2022-2024

Spasinews.com TERNATE – Sebanyak 22 Anak resmi dikukuhkan menjadi pengurus Forum Anak Maluku Utara periode 2022-2024, Kamis 17 November 2022.

Pengukuhan pengurus Forum Anak Malut yang dilangsungkan di Jati Hotel, oleh Bunda Forum Anak, Faonia Jaohar Kasuba yang didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Maluku Utara (Malut) Musrifah Alhadar.

Faonia Jaohar Kasuba yang juga Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejateraan Keluarga (TP-PKK) Malut, dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi setinggi- tingginya atas terselenggaranya pengukuhan Pengurus Forum Anak Provinsi Malut dan berharap tercipta generasi- generasi muda penerus bangsa yang dapat menciptakan karya-karya yang inovatif dan kreatif.

“Dan ini sebagai bentuk perwujudan Kabupaten/Kota layak anak, sehingga peran serta forum anak sebagai pelapor perlu dioptimalkan, karena ini juga mempunyai fungsi sebagai wadah partisipasi anak yang menampung aspirasi, suara, pendapat, keinginan dan kebutuhan,” ungkapnya.

Diantaranya, tentang pemenuhan hak anak serta perlindungan khusus dalam proses pembangunan dapat melalui forum Malut yang baru dikukuhkan, jadi kiranya seluruh pengurus dapat melaksanakan amanah dengan sungguh – sungguh serta penuh rasa tanggung jawab.

“Karena, kalian yang dikukuhkan hari ini telah diakui kapasitasnya sebagai  perwakilan dari kelompok anak yang diikutkan dalam seleksi,” katanya.

Maka dengan ini, kami berharap kalian mampu menjadi corong suara bagi kawan-kawan di daerah dalam menyampaikan aspirasi.

“Ini juga akan menjadi salah satu pertimbangan, perumusan dan kebijakan pemerintah, maka jadilah pelopor dengan senantiasa bertindak, berfikir, berkata positif, berinovasi dan kreatif di mulai dari diri sendiri , mengajak orang lain atau teman untuk ikut melakukan kebiasaan tersebut,” pintanya.

Olehnya itu, jadilah mitra yang baik bagi rekan -rekan dan Pemerintah demi untuk kemajuan Maluku Utara, karena kalian merupakan generasi penerus bangsa dan ditangan kalian menjadi penentu nasib bangsa kita dimasa depan.

“Untuk Ayah – Bunda baik ditingkat Pemprov maupun Kabupaten Kota, dampingilah Forum anak agar dapat menjadi agen perubahan bagi anak – anak Maluku Utara, sehingga dalam setiap perencanaan pembangunan , Forum Anak terlibat dan berpartisipasi aktif dalam menyampaiakan suaranya dalam rangka Pemenuhan hak dan mewujudkan Kabupaten Kota layak anak,” ucap Istri orang nomor satu Maluku Utara.

Terpisah, Kadis P3A Malut, Musrifah Alhadar, mengatakan, pengukuhan yang dilakukan pada hari ini, karena yang pengurus lama telah berakhir masa jabatannya.

“Jadi, sesuai dengan mekanisme dan Juknis (petunjuk teknis) bahwa ketua Tim Penggerak PKK selaku Bunda pengasuh Anak berdasarkan Keputusan Gubernur Malut mengukuhkan sebanyak 22 pengurusan baru (periode 2022-2024),” terangnya.

Lanjut Ifo sapaan akrab Kadis P3A Malut, kepada Anak – Anak yang baru dikukuhkan agar bekerja dengan baik  sesuai dengan fungsinya sebagai wadah forum perlindungan, yaitu pelopor dan mereka (Pengurus) juga harus mampu.

“Agar mereka dapat mengukir prestasi atas segala hal yang dilakukan serta bisa pengaruhi teman-teman mereka, walaupun itu belum tergabung dalam forum anak Malut, selain itu juga supaya mereka mampu merubah cara berfikir yang positif,” ujarnya.

Dia juga menambahkan, pasca dari pengukuhan ini, sebanyak 12 orang pengurus akan diberangkatkan guna mengikuti kegiatan Hari Anak Nasional yang dilangsungkan  Sulawesi Utara pada 18 November 2022 besok.

“Sesuai dengan skedulnya, kegiatan Hari Anak Nasional akan di langsung selama 3 hari yakni dimulai pada 18 November dan berakhir pada 20 November 2022 yang dihadiri oleh Kementerian P3A dan seluruh perwakilan forum anak Se-Indonesia,” tutup Ifo. # tim

banner 680x450

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page