Ini Yang Dikatakan Sultan Ternate Hidayatullah Sjah Saat Tiba di Desa Tadoli Taliabu

Spasinews.com TALIABU –  Masyarakat Desa Todoli Kecamatan Lede Kabupaten Pulau Taliabu,Maluku Utara sangat antusias menerima kedatangan Sultan Ternate Ke-49 Hidayatullah Sjah untuk yang pertama kali di tanah perjanjian Taliabu.

Setibanya di Desa Todoli  Sultan Ternate Hidayatullah Sjah beserta rombongan langsung disambut dengan ritual Injak tanah Atau Joko Kaha dalam bahasa Ternate dan Tidore,Jumat(24/06/2022).

Antusias masyarakat cukup tinggi dengan hadirnya Sultan Ternate Ke 49. Ia pun disambut tepuk tangan dan ucapan selamat dari masyarkat yang hadir menyabut kehadirannya.

” Selamat datang Sultan Ternate di tanah perjanjian Taliabu” teriak salah seorang warga yang hadir.

Sultan Ternate Ke-49 Hidayatullah Sjah dalam sambutannya mengatakan dirinya sangat bahagia bisa berkunjung di Taliabu dengan upaya yang dilakukan perangkat adat yang telah dilantik akhirnya dapat menyambung tali silaturahmi antara kesultanan Ternate dengan masyarakat adat di Taliabu.

Lanjut Sultan, bahwa kedatangan dirinya tidak sendiri selain rombongan dari kesultanan dirinya juga mengikut sertakan komandan(pimpinan) angkatan laut Maluku Utara yakni Letkol Ridwan Ghani“tutur Sultan.

“Saya sampaikan bahwa masyarakat adat harus diakui, termasuk soal tanah adat yang sejak awal dilegitimasi oleh negara, jadi tanah-tanah yang diklaim oleh pihak tertentu sebagai tanah negara adalah keliru, kalau dikuasai iya, tapi beralih kepemilikan kepada negara adalah sebuah pernyataan yang tidak tepat”. Tegas Sultan.

Bukan hanya itu saja, Sultan Ternate juga mengatakan, Tanah ini harus dijaga demi kelangsungan anak cucu kita, jangan jual sembarang tanah kita kepada pihak asing yang mau mengambil alih dan memonopoli tanah tanah yang menjadi hak masyarakat. Sebab mulai sekarang kita akan berjuang dan melindungi hak-hak adat masyarakat hukum adat di Taliabu” tutur Sultan ke 49 tersebut.

“Saya ingatkan Kepada seluruh perangkat adat yang telah dilantik untuk menjalankan amanah yang diberikan untuk menjaga hak-hak adat ditiap-tiap wilayah kekuasaannya masing-masing, apalagi info yang sampai kepada saya bahwa kehadiran investasi yang ada dipulau ini justru terkesan menzolimi hak masyarakat dimana ketika akan melamar pekerjaan kepada perusahaan harus menyerahkan lahannya dulu” tutup  Hidayatullah.

Sekedar di ketahui bersama bahwa sultan Ternate beserta rombongan akan berada di Taliabu selama tiga hari kedepan dan rencananya akan bermukim di Kantor Adat desa Todoli..#Fai

banner 680x450

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page